Tv LCD toshiba 32 inch matot

 Asalamu alaikum

Mudah-mudahan para sobat bloger slalu dalam lindungan ALLH swt...aaamiiin,.ok para sobat bloger,kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman seputar tentang servic elektronik trutama untuk para pemula yg sedang tahap blajar seperti saya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tv LCD TOSHIBA matot(mati total) dengan tipe model 32PB20E๐Ÿ‘‡


Tv datang ke klinik๐Ÿ˜Š dgn kondisi mati total,kata empunya tv, katanya tadinya abis mati lampu trus di hidupin dah gak mau nyala lagi lampu merahnya,.mungkin maksudnya lampu indikator stanby nya kali☺,yg penting saya iya in aja dah namanya juga orang awam,apa kata dia aja dah intinya tv mati total..hehehe,.ahirnya gak pake lama tv pun ane tengkurebin,copot cover nya dan coba ane cek ricek,dlm hati>mungkin skringnya doang yg putus karna tv abis kena tegangan high dari pln..eeee trnyata benar saja mang skring utamanya putus,cuman ane berspekulasi biasanya klau skring sampe putus ada kemungkinan komponen yg lain ada yg short seperti FET,DIODA,atau STR krna jenis PSU ini masih pake STR,..sebelum ane cek semua,ane coba nego harga dulu ama yg punya setelah nego harga yg lumayan alot ahirnya diel juga dgn harga yg kami sepakati.
Waktunya eksekusi si biang kerok penyebab tv jadi mati total dan skring ampe putus,ternyata benar saja setelah ukar ukur pake tester,kerusakan yg sesungguhnya pun di temukan ternyata mosfetnya jebol
๐Ÿ‘‰》》》》


Dan ini gambar PSU dan letak fet trsebut๐Ÿ‘‡

Berhubung stok mosfet dan ic driver nya lagi kosong,krusakan mosfet jenis ini biasanya di iringi dgn rusak juga ic drivernya,ahirnya ane putuskan untuk mencopot saja dan membiarkan tanpa fet trsebut,dan orangnya juga mintanya buru2 karna di rumah gak ada hiburanya kcuali tv itu๐Ÿคฆ‍♂️,.dan berkaca dari pengalaman yg udah2,jenis PSU model ini biasanya tanpa MOSFET trsebut tv masih bia nyala normal,yg penting STR sama mosfet buat invebter balas lampu masih normal,kasus seperti ini pernah saya alami juga pada PSU lcd SHARP,tadinya saya juga kurang yakin..kok bisa fet di copot tapi tv masih bisa nyala normal,bagi teman2 yg tau dan faham boleh komenrar di kolom komentar gimana system kerja fet pada PSU trsebut,.intinya di sini ane berbagi pengalanan buat refrensi teman2 yg mengalami kasus yg sama dan susah nyari komponenya..tinggal REMOVE aja fetnya๐Ÿ‘Œ

Dan kembali ke kasus tv LCD tosiba yg tadi,setelah fet ane copot tv pun ane nyalakan,dan alkamdulillah tv nyala dgn sempurna tanpa CACAT dan ane coba tes RUNING ber jam-jam tv pun normal-normal saja tidak trjadi sesyatu yg tidak di inginkan..alkhamdulillah jadi bayaran

๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰

Ok sobat bloger cukup sekian dulu

Wasalamu alaikum warokhmatullohi wabarokatuh...

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan firm ware tv lcd/led